Sabtu, 21 Juli 2007

Tetap Tenang Saat Stres

Saat akan melakukan presentasi, Anda pasti 'diserang' rasa gugup atau panik. Kemudian akan ada seseorang yang menasehati Anda agar tetap tenang. Jawaban yang keluar dari mulut Anda pasti, "tidak mungkin!".
Kondisi tersebut bisa dimaklumi. Pasalnya, memang sangat tidak mudah untuk bersikap tenang saat menghadapi situasi genting. Tapi sebenarnya, hal ini bisa dilakukan. Anda hanya perlu mengubah pola pikir "tidak mungkin" menjadi "mungkin". Lebih jelasnya, cara-cara sederhana berikut akan membantu Anda:

Jangan pakai baju merah!
Jika Anda ingin menarik perhatian saat di pesta, memakai busana berwarna merah sangat tepat. Tapi, jika Anda akan memimpin rapat atau melakukan presentasi, pilihlah busana yang warnanya membantu Anda meredakan kecemasan, seperti; biru muda. Riset menunjukkan, warna biru dapat membuat pusat sistem saraf tubuh relaks karena temperatur tubuh turun. Selain itu menurunkan denyut jantung dan menimbulkan perasaan relaks pada orang yang melihat warna tersebut.

Hitung Mundur
Seperti aktivitas counting sheep yang dilakukan seseorang yang mengalami sulit tidur. Hitungan mundur bisa dilakukan untuk mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat Anda panik.

Kudapan pereda stres
Ternyata makan jeruk 15 menit sebelum acara yang membuat Anda tegang, akan menenangkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk sebelum menghadapi situasi menegangkan, memiliki kadar tekanan darah lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi vitamin C.

Breakfast is a must
Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Inggris mengungkapkan bahwa orang-orang yang selalu sarapan cornflakes atau sereal yang telah diperkaya nutrisi lengkap, merasa lebih bersemangat dan tidak mudah stres dibanding mereka yang melewatkan sarapan.

Tidak ada komentar:

"Berikan sesuatu pada kehidupan, maka kehidupan akan mencukupimu"